Rabu, Februari 18, 2009

Saya mau Saya bisa

Banyak berdiskusi dengan sahabat dan teman-teman, banyak hal yang sebenernya ingin mereka rubah tapi mereka tidak mau melakukanya, contoh, sebuah kebiasaan merokok, berdiskusi dengan beberapa orang sahabat tentang keinginan untuk berhenti merokok, ada seorang sahabat yang ternyata berhasil untuk stop merokok, tapi ada beberpa sahabat yang mengatakan mereka mau berhenti, tetapi "Tidak BIsa"

Memang, menetapkan tujuan bukan pekerjaan yang mudah. Membuat rencananya lebih-lebih sukar lagi. Akan tetapi yang paling sukar ialah melaksanakannya. Untuk melaksanakan sampai berhasil, diperlukan kemauan. Kemauan yang kuat. ebenarnya semua orang yang bisa merubah sesuatu atau melakukan sesuatu hal,intinya bisa apa saja tapi semua berlawal dari sebuah kemauan, jadi kalau tidak mau ya tidak bisa…. Setiap orang tentu mempunyai keinginan dalam hidup. Sebagai manusia biasa, seseorang dapat saja memiliki keinginan bahkan memiliki beberapa keinginan (tidak hanya satu). Keinginan dapat berbentuk bermacam-macam, berbagai fantasi manusia juga dapat menjadi sebuah keinginan. Namun demikian keinginan tersebut dapat dibedakan menjadi keinginan yang realistis atau tidak realistis -meski terkadang banyak orang yang menginginkan keinginan yang tidak realistis dapat terealisasi- . Setiap orang yang mempunyai keinginan tentu harus siap dengan berbagai dampak atau konsekuensi logis dari apa yang diinginkannya. Baik konsekuensi tercapainya keinginan dan konsekuensi gagalnya keinginan.

Otak kita boleh membuat rencana seindah-indahnya, secermat-cermatnya, hati kita boleh gandrung terhadap suatu cita-cita, kita boleh menaruh kasih-mesra terhadap yang bagus dan utama, akan tetapi jika di dalam diri kita tiada tenaga yang membantu merubah segala pikiran-pikiran itu menjadi perbuatan, yang menjadi pendorong untuk mengerjakannya, melaksanakannya, dan yang seolah-olah memaksa kita menyelesaikan pekerjaan kita, maka semuanya hanya tinggal angan-angan saja. Semua yang kita pikirkan, yang kita inginkan supaya terlaksana, hanya bisa terwujud melalui kerja, baik kerja tangan maupun kerja otak. Semua teori-teori kita,cita-cita kita, niat-niat kita baru menjadi kenyataan dan bisa digunakan, jika mendapat pertolongan dari kemauan, sebab kemauan itulah yang membantu merubah pikiran kita menjadi perbuatan. Ketika kemauan sudah mulai tumbuh, sedikit demi sedikit harus ditingkatkan agar semangat untuk terus "mau" tetap tumbuh dalam diri.

Ada beberapa hal yang harus di perhatikan Jika Kita mau sukses
  1. Kesatuan tujuan (Cita-cita awal)
  2. Rencana yang jelas
  3. Kerja keras bukan main
  4. Kemauan keras laksana baja

Kemauan menimbulkan pikiran-pikiran unggul. "Saya mau melakukan", adalah satu kalimat pendek, tetapi mengandung hasrat yang hidup. Maka itu, pakailah kalimat ini sering-sering. Jika kita hendak mengerjakan sesuatu, ucapkalah dengan perlahan akan tetapi dengan penuh keyakinan "Saya mau, pasti saya bisa" Dengan menggunakan kemauan secara sadar, dengan demikian itu lambat laun kemauan kita akan betul-betul berkembang. Kesadaran itu menjiwai dan menghidupkan kemauan Kita.

Hanya saja, terkadang tidak selamanya kemauan dapat diwujudkan ke dalam kenyataan dengan mudah. Butuh niat dan usaha keras selama proses pencapaian target. Tidak usah yang berat-berat, ambil saja contoh bangun pagi. Sejak sebelum malam tiba seringkali kita sudah berniat mantap bahwa besok harus bangun pagi untuk mengerjakan berbagai macam tugas yang masih menumpuk. Tetapi kenyataannya, begitu ayam berkokok, bahkan matahari sudah menyapa dengan ramahnya, kita masih saja tidur atau lebih tepatnya sengaja tidur. maka hasilnya 90% anda akan terbangun di pagiharinya.

"Dimana ada kemauan, disitu ada jalan". kata-kata bijak itu tetap berlaku hingga saat sekarang ini, bahkan sepanjang perjalanan umat manusia diyakini akan tetap bisadijadikan pegangan. sukses terkadang tidak selalu berasal dari MAMPU, tetapi kadang seringnya karena MAU. Mau berbuat sesuatu, mau menggapai cita dan harapan untuk selalu maju. Banyak sudah contoh sukses yang bermodal kemauan. tidak ada jalan istimewa untuk mendapatkan kesuksesan, jalan yang harus ditempuh adalah rute lama yang menuntuk kerajinan dan ketekunan.

Lalu bagaimana cara untuk kita agar dapat meningkatkan kemuan kita

  1. Fokuskan perhatian Anda pada apa yang Anda miliki daripada yang Anda lepaskan. Ucapkan kalimat-kalimat yang mendorong kemauan Anda seperti,?Saya bisa! Saya mau! Saya yakin! Saya harus?
  2. Pasang target yang membuat Anda bertambah semangat. Ingat selalu hal-hal yang bisa memotivasi Anda. Bangga saat melakukannya Apa pun target Anda, semua itu bisa dicapai kalau dilakukan satu- persatu. Untuk menambah motivasi, bersikaplah bangga pada prestasi yang telah Anda capai. Jangan terpaku pada panjangnya jalan yang belum Anda selesaikan. Kalau perlu, hadiahi diri sendiri bila Anda berhasil melampaui satu tahapan dengan sukses.
  3. Sampaikan Cita-cita atau Kemuan anda pada teman Kita cenderung menutupi rencana kita dari orang lain karena khawatir orang akan mengejek bila target tak tercapai. Sayangnya usaha melindungi diri sendiri justru membuat kemauan melemah. Dengan menyampaikan rencana dan target kita pada orang lain, efek yang Anda rasakan justru menambah kekuatan si kemauan. Bahkan, terkadang bisa membentuk kelompok yang mengalami masalah sejenis. Ini akan sangat membantu kita dalam mencapai target. Dukungan semangat dan rasa simpati akan membawa keberhasilan bagi usaha kita.
  4. Jangan memaksa diri terlalu keras Bila di tengah proses Anda merasa bosan dan mandek, berhentilah sejenak. Beri kesempatan pada diri Anda untuk beristirahat. Tetapi setelah itu jangan lupa untuk segera kembali lagi melakukan hal-hal yang diperlukan. Sekali kita bisa melakukan hal ini, otomatis Anda bisa tahan lebih lama. Dan,bahkan akhirnya terbebas dari kebosanan.
  5. Lekas kerjakan sesuatu yang dikehendaki Untuk menghilangkan keraguan hati, pakai saja undang-undang yaitu:" Lekas kerjakan sesuatu yang dikehendaki dan sanggup dilakukan." Sebab kenapa orang berhasil di dalam pekerjaannya lantaran ia dikerjakan sambil di timbang bukan ditimbang saja tetapi ia tidak bekerja.Ketahuilah, sejauh apapun jarak yang harus ditempuh dengan kepercayaan dan kesabaran maka jarak tersebut akan terlampui juga, air yang menetesi batu secara bertahun-tahun ternyata mampu menaklukkan batu keras tersebut.

"Kemauan" adalah kata kunci dari segala sukses Punya bakat dan ilmu tidak akan membuat kita sukses. Keinginan harus disertai dengan tindakan untuk mewujudkannya. Bukan hanya sekedar ingin tetapi harus mau dan berusaha memperjuangkannya. Disinilah kemauan berperan penting. Ketika kemauan sudah mulai tumbuh, sedikit demi sedikit harus ditingkatkan agar semangat untuk
terus "mau" tetap tumbuh dalam diri. Semoga anda Bisa mencapai apa yang anda inginkan



"Saya Mau maka saya bisa"

"Sesuatu tak akan berhasil mencapai tujuannya apabila tidak ada kemauan dan usaha. "


--
Best Regard
Erwin Arianto,SE
エルイン アリアント (内部監査事務局)
------------ --------- --------- -------
SINCERITY, SPEED, INOVATION & INDEPENDENCY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar